orang yang enggak punya makanan favorit

jangan tanya aku apa makanan favoritku, karena aku tidak punya jawabannya.

“makanan favoritmu apa?”

duh, kadang pertanyaan ini sukses membuatku bingung. padahal aku adalah seseorang yang gemar makan. sedikit-sedikit makan, sedikit-sedikit mengunyah. teringat dulu masa-masa aku bersekolah di asrama, berat badanku melonjak drastis sebanyak sepuluh kilogram, ya, karena aku yang sedikit-sedikit ngunyah.

Photo by Max Delsid on Unsplash

tapi baru akhir-akhir ini aku sadari kalau aku enggak benar-benar punya makanan favorit. rasa-rasanya semua makanan ya selewat di tenggorokan saja. mungkin ada beberapa makanan yang kuanggap “wah, enak banget!” tapi enggak bisa kujelaskan dengan detail kenapa makanan itu enak. dan setelah itu, lupa deh.

makanya kalau sedang sesi perkenalan dan aku diminta untuk menyebutkan makanan favoritku, jujur aku harus berpikir sedikit lebih keras.

untuk itu aku ingin menuliskan tulisan ini sebagai pengingat apa saja makanan-makanan yang aku consider sebagai makanan favorit. jadi, bila nanti aku harus perkenalan lagi dan menyebutkan makanan favorit lagi, aku punya jawaban yang sudah kupikir dengan matang.

tumis jamur tiram

tumis jamur tiram

tumis jamur tiram jadi makanan yang selalu menambah nafsu makanku. tidak akan cukup seporsi nasi kalau ada lauk ini di rumah, alias aku pasti nambah lagi. apalagi ayah dan adikku tidak terlalu menyukainya, jadi aku akan sangat senang kalau aku mendapatkan jatah untuk menghabiskannya. saking sukanya, kadang setelah makan aku masih menyimpan sedikit tumis jamur dalam piring kecil untuk aku makan di kamar sembari melakukan hal lain.

rolade daun singkong tahu

rolade daun singkong tahu

kalau ini gorengan yang pasti sudah aku incar kalau ada di atas meja makan. entah kenapa sulit bagiku untuk menemukan gorengan ini di luar daerah tempat tinggalku. sedih kadang kalau mencari gorengan saat tinggal di perantauan dan tidak menemukan rolade daun singkong tahu. aku bisa menghabiskan sepiring besar rolade daun singkong tahu sendirian, terlebih saat bulan puasa.

brem

brem khas madiun
brem solo

sepertinya, brem bisa dikatakan sebagai makanan ringan favoritku. rasanya yang manis-manis asam dan sensasi makannya yang langsung lumer di mulut selalu membuatku ketagihan. tidak peduli mau brem madiun atau brem solo, tapi jika ada sekotak (atau sebungkus) besar brem di atas meja, maka aku bisa menghabiskan semuanya tanpa kecuali dalam sekali duduk.

kerupuk rambak sapi (krecek putih)

krecek putih

aku dibesarkan dari keluarga yang berasal dari daerah penghasil kerupuk rambak sapi, atau biasa kusebut dengan krecek putih. aku selalu excited jika melihat krecek putih yang masih terbungkus. rasanya ingin segera aku buka bungkusnya dan aku taburi dengan garam dan penyedap rasa. walaupun krecek putih membuat tenggorokan seret saat dimakan, tapi sensasi kriuk-kriuknya dan rasa khas sapi-nya selalu membuatku lupa untuk berhenti.

jeruk bali

Photo by Neringa Skorupskiene on Unsplash

nah kalau untuk yang satu ini, kalian bisa lihat ceritaku disini.

kira-kira itu dulu, deh, makanan favorit yang bisa kupikirkan saat ini. banyak makanan yang kusukai, tapi belum masuk ke daftar ini. bisa jadi karena cuma sekadar enak saja, atau mungkin aku yang lupa. kapan-kapan, akan aku update daftar ini kalau aku sudah ingat. setidaknya sekarang aku sudah punya jawabannya kalau ada yang bertanya kepadaku “kalisya, makanan favoritmu apa?”.

kalau kamu, apa makanan favoritmu?

Halo! Aku Kalisya, dan aku sedang berpartisipasi dalam program 31 Hari Menulis Kreatif bersama teman-temanku dari Ilmu Komunikasi UGM angkatan 2021. Kedepannya, aku akan menulis berbagai hal seperti pengalaman, review, keresahan anak kuliah, dan masih banyak lagi. Terima kasih sudah meluangkan 4 (empat) menitnya untuk membaca tulisanku! I hope you can gain something from this very-four-minutes. See you!

--

--

--

creating my own little forest

Love podcasts or audiobooks? Learn on the go with our new app.

Get the Medium app

A button that says 'Download on the App Store', and if clicked it will lead you to the iOS App store
A button that says 'Get it on, Google Play', and if clicked it will lead you to the Google Play store
Kalisya Ainun

Kalisya Ainun

creating my own little forest

More from Medium

Self-injecting vitamin B12

Oyakodon 親子丼

The Skinny on Fats

Only The Brits Could Celebrate Coming 2nd In The Eurovision Song Contest